Wednesday 16 December 2015

Murwati Murwat, peraih penghargaan Adibakti Mina Bahari 2015


Berawal dari niat baik untuk membantu suami mencari nafkah sekaligus memberdayakan ibu-ibu rumah tangga di sekitar tempat tinggalnya, Murwati Murwat kini sukses mengembangkan bisnis abon ikan dan ikan asin krispi dengan merek Mutiara.

Murwati mengatakan, idenya untuk membuat makanan olahan ini karena melihat banyaknya ikan yang dijual dalam keadaan kering tanpa diolah terlebih dahulu di sekitar tempat tinggalnya di Brebes, Jawa Tengah. Hal ini membuat harga jual ikan-ikan tersebut rendah karena tidak ada proses pengolahan menjadi produk siap saji.

"Awalnya di desa kami banyak ikan dijual kering saja. Jadi harganya tidak begitu tinggi, makanya kita ingin jual dalam bentuk krispi, juga bikin abon. Selanjutnya kita juga bikin tepung, bikin sagon tulang, nastar tulang," ujar Murwati.

Dia mengungkapkan, usaha tersebut dimulai pada 11 Januari 2011 dengan modal awal sekitar Rp 10 juta. Dalam proses produksinya, Murwati menggunakan ikan mata goyang yang jumlahnya melimpah di desa tempatnya tinggal.

Dengan keahlian yang dimilikinya dalam mengolah ikan, Murwati pun mengajak ibu-ibu di sekitar rumahnya untuk memproduksi produk olahan ikan ini. Saat ini, setidaknya dia telah mempekerjakan 4-5 orang ibu rumah tangga. Hal ini tentu menambah pendapatan bagi ibu-ibu tersebut. "Tujuan utama saya sebenarnya ingin bantu-bantu suami, juga ingin supaya ibu-ibu ada kegiatan," kata dia.

Pada proses produksinya, 5 kg ikan mata goyang yang diolah Murwati menghasilkan 0,5 kg abon. Dalam sebulan, setidaknya dia membutuhkan 150 kg ikan kering sebagai bahan baku. Berkat kerja kerasnya selama ini, kini Murwati mampu meraup omset rata-rata Rp 22 juta per bulan.

Saat ini, produknya tersebut telah dipasarkan melalui toko oleh-oleh di Brebes. Selain itu Murwati juga sudah jual produknya hingga Jakarta dan Bogor. Selain dijual secara langsung, dia juga memanfaatkan media sosial dan internet untuk memperluas pasar. Hasilnya, produknya tersebut telah dipesan oleh pembeli di luar Jawa.

Selain mendapat tambahan penghasilan, melalui usaha yang dirintisnya selama ini Murwati pun mendapatkan penghargaan Adibakti Mina Bahari (AMB) 2015 dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) sebagai juara 1 kategori UKM Pengolahan Hasil Perikanan Terbaik Skala Kecil.

Dengan penghargaan ini diharapkan menjadi motivasi baginya untuk terus mengembangkan usahanya dan bisa mengajak lebih banyak ibu rumah tangga di sekitarnya untuk berwirausaha.

"Saya sendiri tidak menyangka bisa mendapat penghargaan ini. Harapan saya ke depan ingin produk kami semakin berkembang dan banyak tetangga bisa kerja," tandasnya.

No comments:

Post a Comment