Saturday 12 December 2015

Ikan Dewa, jelmaan dari prajurit Prabu Siliwangi


Ikan biasanya ketika sudah mati akan langsung dibuang atau digoreng untuk di makan. Namun tidak untuk Ikan Dewa, ikan asli Kuningan, Cirebon ini wajib dimakamkan ketika sudah tak bernyawa. Karena jika tidak, konon ikan ini akan menghasilkan bau busuk seperti manusia.

"Kalau mati hewan ini dikafanin dengan bungkusan putih. Ada kuburannya sendiri. Kalau nggak dikubur baunya kayak bangkai manusia," ujar Pawang Ikan Dewa, Ujang kepada merdeka.com saat ditemui di Wisata Cibulan, Kuningan, Cirebon, Sabtu (12/12).

Sementara itu pemandu wisata Cibulan, Samsudin, juga mengatakan hal yang senada. Dia menyebut Ikan Dewa tersebut merupakan jelmaan dari Pasukan Prabu Siliwangi di masa lampau.

"Karena mitosnya prajurit makanya bau bangkai kayak manusia. Makanannya saja kayak manusia," tegasnya.

Pawang Ujang melanjutkan, beberapa kejadian aneh kerap terjadi pada Ikan Dewa ini. Dia mengatakan beberapa pengunjung yang berfoto dengan Ikan ini hasilnya berubah-ubah.

"Waktu foto berubah jadi perempuan berkepala mahkota, terus berubah jadi harimau. Ular naga juga pernah. Pengunjung nunjukin fotonya itu kata dia," paparnya.

Untuk diketahui, Ikan Dewa termasuk ke dalam jenis Ikan Mas. Ikan ini mampu hidup lebih dari 20 tahun dan telah ada sejak era Prabu Siliwangi. Ukurannya mampu mencapai sebesar kaki orang dewasa. Ikan ini sisiknya pun mirip dengan ikan Arwana.

No comments:

Post a Comment